Belajar Merajut

Awal Belajar Merajut

Belajar merajut tidak sesulit yang kita bayangkan, yang dibutuhkan adalah ketekunan dan latihan. Semakin sering kita belajar merajut maka semakin bagus hasil rajutan kita. Merajut adalah keterampilan sepanjang masa, dari jaman nenek moyang sampai sekarang, merajut tetap menjadi salah satu hobby yang menyenangkan. Saat ini hobby merajut tidak hanya dilakukan oleh kaum hawa saja, kaum adam pun mulai banyak yang melirik hobby ini. Banyak keuntungan yang didapatkan dari merajut antara lain mengurangi atau mencegah kepikunan (karena berhubungan dengan perhitungan pola), sangat membanggakan untuk dipamerkan ke teman atau saudara bahkan tidak sedikit yang memulai belajar dan berhasil mengembangkan bisnis rajutan.

Merajut ada macam yaitu knitting dan crochet. Perbedaan dari keduanya adalah, jika knitting menggunakan 2 jarum atau lebih yang biasa disebut breien, sedangkan crochet menggunakan 1 jarum yang biasa disebut crochet hook.

Jarum Rajut - Crochet Hook

Jarum Rajut – Crochet Hook

jarum rajut knitting

Jarum Rajut Knitting – Breien

Produk yang dihasilkan dari knitting juga berbeda dengan crochet. Umumnya hasil rajutan knitting lebih rapat sehingga lebih cocok digunakan di tempat beriklim dingin. Sedangkan hasil rajutan crochet umumnya tidak rapat sehingga lebih cocok digunakan di tempat beriklim tropis seperti Indonesia. Meskipun demikian, saat ini baik crochet maupun knitting, keduanya berkembang di Indonesia karena project yang dihasilkan juga berbeda dan sangat bervariasi.

Belajar Pola Rajutan

Jika kita membeli buku-buku rajutan atau mendownload dari internet cara untuk membuat suatu project rajutan, pasti kita menemukan semuanya dalam bentuk pola, kecuali jika kita belajar melalui video tutorial. Untuk membuat suatu project rajutan kita sebaiknya bisa membaca pola rajutan. Pada dasarnya penulisan pola rajutan ada 2 cara :

Cara 1 : pola tulisan, yaitu pola dengan menggunakan istilah seperti : sc (single crochet), dc (doble crochet) dan sebagainya. Penjelasanya menggunakan banyak kata-kata misalnya: baris 1: ch3, 2 dc pad ach pertama, balik, baris 2: ch3, 2 dc pada tempat yang sama, sc pad ach 3 dibaris yang sama dan seterusnya. Pola rajutan seperti ini sering digunakan di Negara-negara Eropa dan Amerika.

Cara 2 : Menggunakan kode-kode dan gambar. Pola rajutan semacam ini banyak digunakan di Negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Taiwan.

Untuk mempermudah dalam belajar, kami akan mencoba memberikan dasar dalam membaca pola dalam bentuk gambar disertai keterangannya. Semoga bermanfaat dan happy crochet